Anggaran Khusus Tes PCR Bagi Pekerja Migran Indonesia.

Pemerintah akan siapkan anggaran khusus tes PCR dan vaksinasi bagi Calon Pekerja Migran Indonesia. Rencana ini disampaikan Staf Khusus Presiden, Moeldoko.

Dalam keterangan tertulisnya, mantan panglima Tentara Nasional Indonesia itu, menjelaskan, sudah sepatutnya pemerintah memberikan perhatian dan perlakuan istimewa kepada para pahlawan devisa. Karena peran mereka, tulis Moeldoko, sangat besar dan signifikan dalam menggerakkan ekonomi bangsa.

Menurut Moeldoko, berkat peran besar pekerja migran, negara memperoleh cadangan devisa hingga Rp 159,6 triliun pada 2020. Ini mengindikasikan masa depan bangsa salah satunya berada pada diaspora tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

“Oleh karena itu, sudah sewajarnya pemerintah menaruh perhatian sangat besar kepada PMI, dan memberikan red carpet bagi mereka,” ujar Moeldoko.

Pendapat senada juga disampaikan Dirjen Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja Kemenaker, Suhartono. Tahun lalu, kata Suhartono, Indonesia mengirimkan sebanyak 114 PMI Nurse dan careworker batch ke-13 ke Jepang. Saat itu, PCR test kepada PMI difasilitasi Pemerintah melalui kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

“Ke depan, kami sepakat untuk ada anggaran khusus terkait fasilitas PCR test dan vaksinasi. Sehingga kami akan diskusikan hal ini,” jelasnya.

Semoga dengan perhatian khusus ini, pemerintah berharap para pekerja migran Indonesia bersedia bersama-sama berusaha memutus rantai penyebaran covid-19.