Antisipasi Arus Balik, Lagi Lakukan Tes PCR Intensif…

Mengantisipasi arus balik yang akan terjadi 2 hari setelah lebaran, kementerian perhubungan mengambil sejumlah langkah strategis.
“Ada dua hal yang kami usulkan untuk mengantisipasi potensi lonjakan pada arus balik. Pertama yaitu, menghimbau masyarakat untuk menunda kepulangan supaya tidak bertemu di satu tempat dan waktu tertentu yang dapat menimbulkan penumpukan,” jelas Budi Karya dalam keterangannya, Selasa (11/5/2021).

Selain itu, lanjut Budi Karya, pihaknya akan mengusulkan kepada Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, untuk melakukan test covid-19 secara intensif. Khususnya tempat-tempat dengan pergerakan masyarakat yang besar.

Budi Karya menyebutkan beberapa wilayah yang dinilai konsentrasinya besar seperti di Madiun, Ngawi, Surabaya, dan Solo. Budi Karya juga menggolongkan Jogja, Semarang, Cirebon, Jakarta, serta Bakauheni sebagai wilayah yang konsentrasinya sangat besar..

Secara khusus, tes intensif gratis ini bisa dilakukan khusus transportasi darat yang memiliki pergerakan cukup tinggi. Sedangkan untuk transportasi lain akan diberlakukan pengetatan persyaratan seperti pada masa pra peniadaan mudik lebaran.