Pentingnya Laboratorium Biomolekuler

Biologi molekuler (Biomolekuler) mempelajari mengenai fungsi dan juga organisasi jasad hidup atau organisme. Organisasi jasad hidup tersebut diteliti dari struktur dan juga regulasi molecular dari unsur penyusunnya.

Selain itu biologi molekuler juga merupakan sebuah pengkajian tentang kehidupan organisme pada skala molekul. Biologi molekuler juga dikenal sebagai ilmu yang berkaitan dengan dunia biomolekul seperti RNA, DNA, sintesis protein serta molekul.

Terdapat dua kelompok makhluk hidup yang dijadikan objek penelitian biologi molekuler. Dua kelompok tersebut meliputi organisme uniseluler dan juga organisme seluler. Organisme uniseluler merupakan organisme yang meliputi virus, viroid dan prion.

Sedangkan organisme seluler merupakan organisme yang terdiri dari susunan unit yang dikenal dengan sebutan sel. Sel di dalam organisme seluler memiliki unsur subselular serta organel yang mempunyai kesatuan holistik. Contoh organisme yang masuk dalam organisme seluler yaitu jamur, manusia, hewan, tumbuhan dan juga bakteri.

Peran laboratorium biomolekuler sangat penting dalam upaya menghadapi pandemi Covid-19. Laboratorium ini digunakan untuk memeriksa hasil swab masyarakat yang terindikasi Covid-19.