Tes PCR, Puluhan Santri Kedapatan Positif Corona.

Puluhan santri di sebuah pondok pesantren (ponpes) di Purbalingga, Jawa Tengah, kedapatan positif covid-19. Tak pelak, ponpes yang terletak di Kecamatan Bukateja ini ditetapkan sebagai satu klaster baru.

Temuan ini merupakan hasil penelusuran Dinas Kesehatan Purbalingga yang telah menggelar testing PCR terhadap 19 siswa pesantren. Hasilnya, 8 siswa positif terpapar corona. Tracing pun dilanjutkan ke 80 siswa lainnya, dan menemukan 17 di antaranya positif.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga, dr. Hanung Wikantono,  total santri yang dinyatakan positif terpapar virus Corona ada 25 orang. Namun kondisi mereka cukup baik, tidak ada gejala yang mengkhawatirkan atau membutuhkan penanganan khusus.

Para santri itu, sambung Hanung,  masuk kategori orang tanpa gejala (OTG). Mereka kini harus menjalani isolasi mandiri di ponpes. Sedangkan 102 santri lainnya dipulangkan dengan disertai surat keterangan swab negatif.

Hanung menjelaskan,  dari munculnya kasus ini pihaknya akan melakukan pemantauan secara ketat. Sejumlah langkah akan dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Corona lebih luas.