TES PCR TETAP JADI ANDALAN UNTUK ARUS BALIK

Lonjakan kasus corona pasca-Lebaran 2021 ditengarai meningkat. Guna mengantisipasi kondisi ini, Professor Nidom

 

Pasca Lebaran 2020, kasus COVID-19 meningkat signifikan. Berkaca dari tahun lalu, sekaligus mengantisipasi lonjakan kasus Corona usai Lebaran 2021, Professor Nidom Foundation (PNF) membuka tes usap gratis selama 24 jam.

“Dalam rangka mengantisipasi lonjakan virus COVID-19 akibatnya libur Idul Fitri, dan juga kepedulian kepada kaum dhuafa, PNF punya program gratis tes PCR COVID-19,” kata Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin dari Professor Nidom Foundation (PNF), Prof dr Chairul Anwar Nidom kepada detikcom, Senin (17/5/2021).

Prof Nidom memperkirakan akan muncul lonjakan kasus dalam dua pekan ke depan. Pasalnya, saat pemerintah membuat keputusan larangan mudik, nyatanya masih banyak masyarakat yang nekat mudik dan berkumpul bersama keluarga.

“Perkiraan saya kalau toh ada pengaruh kumpul-kumpul yang terbatas atau maksa mudik, akan muncul (Lonjakan) dalam dua minggu ke depan,” ujarnya.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terlebih dahulu dan tidak terjadi lonjakan, PNF memfasilitasi swab PCR gratis. Selain menyediakan tempat, pihaknya juga bisa datang ke rumah pasien tes usap.

“Seperti biasanya, kami melayani 24 jam. Jadi selonggar waktu mereka. Sebaiknya kami diinfo dulu, apa mau datang atau kami kunjungi,” jelasnya.

“Tapi bisa kami kunjungan (Homecare) kalau memang diperlukan. Sabtu dan Minggu, PNF tetap bisa melayani mereka untuk tes PCR COVID-19 gratis,” tambahnya.

Pelaksanaan tes swab PCR gratis ini bisa dimanfaatkan masyarakat mulai 17-31 Mei 2021. Adapun tiga lokasi di daerah berbeda-beda. Sehingga tidak hanya masyarakat Surabaya yang bisa melakukan tes usap gratis ini.

“Pasuruan di Desa Kraton, Sidoarjo di Jalan Dewi Sartika A1 Makarrya Binangun dan Surabaya di Jalan Kali Rungkut N36-37,” pungkasnya.

(fat/fat)